Fenomena Jusuf Kalla, Dahlan Iskan, dan Jokowi

Jusuf Kalla, Dahlan Iskan, dan Jokowi adalah sosok orang yang berkarakter:

Jujur apa adanya
Sederhana dalam berpakaian
Cerdas dalam berfikir
Cepat dalam bertindak
Religius dalam berkeyakinan dan
Cinta keluarga

Karakter inilah yang saya sukai....
Mereka jujur walaupun mereka berada dalam lingkungan yang sangat korup
Mereka sederhana walaupun sebenarnya mereka mampu hidup dalam kemewahan
Mereka cerdas walaupun pendidikan mereka tidaklah terlalu tinggi
Mereka cepat dalam bertindak walaupun sangat sulit mengeksekusi masalah yang sangat rumit dan kusut
Mereka religius dan memiliki keyakinan yang tinggi terhadap agama yang mereka anut
Mereka sangat mencintai keluarga walaupun mereka dengan mudahnya memiliki wanita lain.

Karakter-karakter ini, jika semakin disukai dan diteladani oleh masyarakat Indonesia, maka bukan hal mustahil bisa menjadi semacam "bola salju" yang semakin lama semakin membesar dan mengikis habis para pemimpin Indonesia lainnya yang berseberangan dengan pemikiran mereka.

"Role model" yang mereka kembangkan sebenarnya ada dalam prinsip Marketing yaitu satisfying human need and wants. Yaitu model bagaimana seorang pengusaha dalam melayani dan memuaskan konsumennya.

Mereka adalah sosok yang selalu berusaha melayani orang lain dengan sepenuh hati.
Mereka selalu menerapkan mendahulukan kepentingan orang lain sebelum kepentingan dirinya sendiri. Artinya bahwa orang lain (konsumen) adalah raja yang mesti dilayani. Mereka bukanlah sosok yang suka dilayani terbukti beberapa kali mereka lebih suka menyetir sendiri mobilnya walaupun ada supir yang siap melayani mereka. Bahkan seorang Jusuf Kalla, dengan mata kepala saya sendiri, beliau dengan ramah melayani sahabat beliau yang bertamu ke rumahnya dengan memberikan sendiri sebuah piring dan sendok kepada sang sahabat, walaupun beliau adalah seorang wakil presiden RI.

Coba tanyakan ke orang-orang terdekat mereka, umumnya orang-orang yang pernah dekat dengan mereka akan terkagum dengan kesan bersahaja dalam diri mereka.

Mereka memiliki aura yang ikhlas....

Dan karena mereka ikhlaslah maka mereka mampu menjadi seperti sekarang ini....

Mereka bukanlah sosok yang sok berkuasa, sok pamer atau sok jagoan.

Mereka tampil apa adanya yang bahkan hanya berpakaian sederhana, seolah-olah menunjukkan bahwa walaupun berpenampilan sederhana namun dapat melakukan sesuatu yang bernilai....

Siapa yang tidak mengenal bagaimana sosok seorang JK yang pandai dalam menyelesaikan berbagai masalah-masalah konflik yang berkepanjangan hanya dengan kekuatan "keramahan" dan "kebaikannya".
Setiap masalah tidak serta merta diselesaikan dengan kekerasan namun malah terkadang dengan kebaikan hatinya...

Begitu juga sosok Dahlan Iskan yang mampu menyelesaikan masalah dengan mendobrak aturan yang"baku" yang menurut sebagian orang adalah pelanggaran prosedur namun justru prosedur perlu sesekali dirubah demi kepentingan orang banyak.

JK, Dahlan Iskan, dan Jokowi sering kali turun ke lapangan untuk mengetahui kondisi masyarakat (to analyse Need & Want) lalu memberikan solusi yang tepat (win-win solution) dengan cepat sehingga langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Salut untuk Ketiga Pahlawan ini.....
Merekalah sosok "hero" yang telah lama dinantikan dan sangat dibutuhkan oleh bangsa ini....



Comments

Popular Posts