Wednesday, December 21, 2011

Cara Menjadi Driver yang Baik


Beberapa cara praktis dan sederhana menjadi driver yang baik di Indonesia:

  • Sebelum menyetir mobil, sempatkan BERDOA untuk keselamatan kita dan kendaraan kita. Doa sangat penting karena dengan doa itu artinya kita memasukkan Tuhan dalam rencana baikNya. Dan memberikan unsur positif sehingga memberikan ketenangan dalam mengendarai kendaraan.
  • Anggaplah mobil bukan sebagai benda mati semata tapi sebuah benda yang memiliki "JIWA", jadi kendarailah kendaraan kita dengan perlahan seolah2 kita mengendarai sebuah "jiwa". Dengan demikian jiwa kendaraan ini tidak liar seliar hati dan pikiran kita.
  • Patuhi semua rambu-rambu di jalan karena setiap RAMBU berguna untuk menyelamatkan kita dan kendaraan kita sendiri. Jadi bukan karena takut dengan polisi tapi takutlah melanggar karena memang kita paham bahwa melanggar rambu dapat berakibat fatal buat kita sendiri nantinya. Patuhi rambu jalan dan biasanya kita memperoleh kemudahan.
  • Membawa mobil dengan sopan santun, usahakan tidak membawa mobil dengan liar dan usahakan tidak menggunakan KLAKSON mobil kecuali dalam keadaan DARURAT saja. Misalnya bahaya tabrakan atau bahaya kejahatan dan bahaya kerusakan.
  • Berilah jalan kepada setiap pejalan kaki apalagi jika benar mereka menyebrang di ZEBRA CROSS. Utamakan keselamatan mereka terutama bagi warga yang sudah tua, wanita atau anak-anak.
  • Jangan memaksakan kehendak dalam mengendarai mobil. Jauh lebih baik jika kita bertoleransi memberi jalan kepada pengendara mobil lain jika memang mobil lain tersebut terlihat terburu-buru dikejar waktu. Bisa jadi mereka terburu-buru karena ada keadaan darurat.
  • Jika terlihat ada kejahatan di jalanan usahakan memberi pertolongan atau sedapat mungkin beri PERHATIAN agar sang penjahat mengetahui bahwa kejahatan mereka sedang diperhatikan dan biasanya si penjahat akan takut dengan sendirinya jika melihat banyak yang membantu korban kejahatan. 
  • Usahakan tidak menggunakan HANDPHONE/MOBILE PHONE saat mengendarai mobil, jika memang penting, parkirlah di sebelah kiri jalan dan beri tanda darurat baru kemudian berkomunikasilah dengan HP anda.
  • Jika ada sampah buanglah pada tempat SAMPAH bukan ke jalanan. Hal ini selain membantu kita sendiri menikmati kondisi jalanan yang bersih juga membantu para penyapu jalanan yang kebanyakan ibu-ibu tua dalam membersihkan jalanan. 
  • Jika anda merasa bahagia, bagikan perasaan bahagia anda kepada orang lain. Ini bisa anda lakukan dengan banyak memberi senyuman atau sedekah kepada orang-orang yang anda lewati. Jangan lupa jika anda memberikan sesuatu berilah dengan kata-kata: "Saya memberikan ini, karena saat ini saya merasa bahagia, dan saya ingin andapun merasakan kebahagiaan saya....

Semoga bermanfaat dan bisa menjadikan kita sebagai driver yang baik. Semoga....

No comments:

Post a Comment

Pesan yang positif dan membangun sangat bernilai...

The Most Popular Topic

@asrulsani

Search The Words

Loading...